Cerita tentang si Kampret


Kampret bukan nama sebenarnya. Nama itu sudah melekat sejak masa pubernya secara alami. Orang-orang nyaman memanggilnya demikian. Pun, ia sendiri juga kegirangan. Di setiap sosial medianya, akan kamu temukan kalimat "kampret" di belakang namanya. Kalau ngomong bisa sesukanya, pakai kata-kata sarkas yang berubah jadi lucu. Tapi kalau sama cewe, baru dia bisa ngomong halus. Mungkin dia dan gengnya terlihat berandal, hatinya tetap hello kitty.

Kampret bukan hanya namanya, tingkahnya juga mendukung julukan ikoniknya itu. Ia bisa melompat melangkahi kepala teman-temannya sembari cengengesan saat berada diluar jam ngampus. Dikelas juga ia biasa berjalan diatas meja seenak jidatnya.  "Soalnya lu ga ngapa-ngapain aja udah lucu" "Emak lu ngidam apa sih" "Gw penasaran sama jodoh lu nanti Pret" Itulah kalimat yang sering dilemparkan kepada si Kampret.

Kampret ini jomblo. Mungkin dia malu sama cinta dan cewe. Mungkin dia mau, tapi ketutup sikap cueknya. Malu yang ditutupin cuek. Baginya sekarang cuma nikmatin diri jadi anak muda.

Pada halaman facebooknya akan kamu temukan semua cuitan gesreknya. Ada tentang nyalinya yg beraninya cuma bacot, tapi ngadepin lawannya ga berani alias dia bakal bawa temen kalau ada yang mau hadap-hadapan, ada tentang emaknya dan token listrik, tentang seorang jomblo, anying, dan lain-lain.


Kampret hanyalah orang biasa dengan mimpi di kepalanya. Hari-harinya anak emak yang bantu emaknya angkat galon beresin token listrik. Di kamarnya dia akan berdengung tak karuan. Kadang gesrek kadang bener. Tak lupa gitar dan harmonikanya ia mainkan. Di depan kamera ia akan beraksi sendiri. Kadang pula berkolaborasi.

Kampret tumbuh menjadi seniman-perlahan lahan. Seniman instagram. "Gua bisa ngabisin waktu 4 jam maen gitar doang" "Gara-gara bikin video banyak yang respect sama gua, di dunia nyata pun begitu. Banyak yang bilang gua artis IG padahal tau sendiri elaah followers baru 600 etdah dikit bgt kalah sama anak SMP". "Cuma bisa berseni sekedar aja," jawabnya merendah. Katanya bercerita padaku, semua-mua keluarga kecilnya seni. Ayah seni, kakak seni barber, music, dan emaknya bawel. Seni si kampret sendiri adalah komedi. Mimpinya sederhana, ia ingin dunia tau kalau dia itu lucu. "Iya bener gua seneng ngehibur orang"

Kampret hanyalah satu dari sejuta anak nongkrong dari tanah Sunda. Masa SMAnya berjaya. Dialah MC acara band band yang ga jelas bunyinya. Mungkin punk. Mungkin band ala-ala anak SMA ditahun 2012-2014 silam. Dengan tubuh cungkring, dan topi yang menutupi sebagian kepalanya-poninya tidak, kampret membawa panggung. Stand Up Comedy juga pernah ia rasakan Mic-nya. Berdiri dan melucu di depan banyak orang.


Si kampret yang sundanese ini juga ternyata punya sedikit turunan Chinese. Tidak Chinese Chinese banget, hanya sekedar. Katanya, matanya yang menyipit didapatinya dari sang kakek. "Soyung" pun menjadi tambahan pangilannya saat remaja dulu. Seperti nama korea kataku. Walau begitu, dia termasuk anti kpop-kpop-an.

Kini, kampret sibuk membawa  PDL kampusnya bersama kawan-kawan yang ngga jauh dari karakternya. Kawan-kawan yang keliatannya ia pimpin sbg ketua geng. Kampret yang sekarang tidak lagi kampret yang MC atau standup. "Gua ga kepengen jadi stand up comedian pusing gua mikirin materi stand up, males tau nyari panggung stand upnya capek dulu juga" imbuhnya meski kadang ia suka merindu masa kejayaannya itu. Ngemsi, Ngeband sbg gitaris. Kampret yang sekarang kampret yang senang berseni dalam video komedy. Kebetulan, ia juga bergelut di jurusan periklanan. Lahirlah video-video dagelan hasil produksinya bersama kawan-kawan. 

Tapi kampret ngga mau besar di periklanan. Maunya di seni saja. "Gua kuliah cuma nyari temen doang, ijazahnya mau gua buang" balasnya sembari menunjukkan emoticon tertawa keluar air mata. Tambahnya lagi, "lu percaya kalo di dalem jiwa komedian ada otak yang cerdas?" Percaya, jawabku. "Nah sebenernya gua dan teman-teman gua ga goblok tapi banyak yang bilang goblok ke gua" "Kalau netizen udah keluar kata kasarnya berarti tugas gua berhasil dengan emoticon yang sama lagi.


Kampret juga penyuka motor tua loo. "Udah 4 tahun gua koleksi motor tua. Seneng unik aja gitu" Dengan tubuh cungkring lumayan putih, helm pesva dikepalanya, ia akan melaju dengan motor tuanya ke Depok bolak-balik kuliah-pulang. Dan dengan gayanya yg demikian, kampret mengingatkanku pada  "The Cangcuters" apalagi saat kumpul sama teman-temannya yang gesrek, saling ceng-cengan tambah kata kasar yang sudah biasa diantara mereka. Persis geng "Cangcuters" : menurutku. Kalau saja cangcuters the series ada lagi, aku bakalan nyuruh kampret dan teman-temannya ikutan casting. Aku percaya bakal dapet : kalau rezeki XD "Nah itu banyak yang bilang muka gua mirip changcuters haha dari dulu bahkan dulu sering dipanggil changcut"

Aku dapat satu pelajaran dari si kampret. 


"teori komedi kan gitu, kalo mau lucu lucu sekalian, kalo mau sampah ya sampah bgt paling bawah paling garing. Nah dari kegaringan itu bakal lucu soalnya ya ga jelas" kata kampret.


Tadi siang kami menyapa lagi lewat platform. Ada yang aneh dengan kampret. Semua postingannya dia hapus. Dan malah membuat status kata-kata "Bye". Ternyata kampret mulai malu sama kenarsisannya. Kenarsisan yang ia rasai mulai mendapati batasannya. "Banyak temen sekelas yang ikutan follow gua. Jadinya kurang bebas berekspresi, disini mau post video sampah aja mikir-mikir, malu. Padahal sebelumnya ga ada. Seruan kayak dulu sebelum mereka follow bebas mau ngapain aja. Sekarang malah ga bebas. Mangkanya akhir-akhir ini ga pernah bikin video sampah ya itu alasannya".

Wah ternyata dibalik kekampretan seorang kampret, kampret memiliki sisi lain juga. Dibalik kenarsisan seorang kampret ada jiwa yang mulai menunduk-malu. Aku pikir kampret cuek dan masa bodoh sama yang gitu-gitu. "Nggalah, masa cuek sampai segitunya" balasnya.

Kampret hanyalah Kampret. Dibalik jiwa starmu, yang sangat-sangat friendly, disenangi banyak orang, kamu juga memiliki sisi introvert. Pantesan ngepost hapus ngepost hapus, muncul ilang seenak cuaca hehehe. Semangat ya mpreet. Semoga mimpimu kesampean. Kamu lucu kok! >0<

Terimakasi sudah menginspirasi tulisan ini. Semoga kampret bisa semangat berkarya terus!

°°Chicken Hen°°

6 komentar:

  1. Penasaran siapa orangnya XD siapaa si kak hen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. adaaa (laah) 🤣 Lucukan diaah 😆

      Hapus
  2. Kemarin Ai baca dikit. Barusan baca lagi, ternyata postingannya panjang ya. :")

    Hmm, penasaran. :v

    BalasHapus
  3. HEH SEKALI LAGI YA CHINESE EMANG GA BERSANGKUTAN DENGAN KPOP KOK DISAMBUNGIN KE KPOP GA LYKEEEEEEE

    WKWK TAPI BAGUSS SEKALIIII, BIKIN GINIAN LAGI DUND WKWKWKWKKWKWKWKKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kaga nyambung paaraah hahaha pembaca yg bagus kamu dek wkwkw tau bgt deh letak yg musti dikomen wkwkwk 🐈😂 Itu kurang lengkap kk jelasinnya. Males hrs jelasin jd tambah panjang.

      Iyew kalau ada inspirasi lain beginian lagi, nulis lagi..

      Hapus

 

henwriting Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon