Rabu, 06 September 2017

[Refresh] Air Terjun Benang Setokel dan Benang Kelambu




Kalau kalian ngunjungin pulau Lombok, ga heran kalau kalian nemuin aneka ragam pariwisata disana. But, FYI, selain traveling ke tempat wisata yang namanya udah populer, sesekali kalian juga bisa ngunjungi wisata yang namanya ngga sepopuler Gili Trawangan, Rinjani, Senggigi dan lainnya.

Ahaa! Air terjun Benang Kelambu dan Air Terjun Benang Setokel bisa jadi salah satunya.
Saya ngerekomendasiin air terjun ini berdasarkan rasa subjektif saya ajasih 🤣 alias karena saya pernah ngalami sendiri wkwkw

Ceritanya pada waktu holiday yang udah berlangsung lama itu, saya diajak sepupu untuk berwisata. Alasan efisiensi waktu, cuaca dan sebagainya ngebuat kita milih Air Terjun Benang Setokel dan Benang Kelambu. Kedua air terjun ini terletak di didusun Pemotoh Desa Aik Berik Kecamatan Batu Kliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Karena rumah keluarga saya di Lombok Tengah juga, maka kami cuma butuh 30-40an menitan untuk sampe ke lokasi wisata, hanya dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Kondisi permukaan jalan raya disana ngga macet. Karena jalanan di Lombok masih ngga seramai kayak jalan raya di Jakarta, Jawa dan lainnya. Katanya sih, nama Benang Setokel dan Kelambu itu diambil dari bahasa masyarakat Lombok. Benang berarti benang seperti yang kita kenal dalam bahasa Indonesia, Setokel artinya gumpalan, dan Kelambu artinya gorden atau tirai. Jadi, Benang Setokel = Gumpalan Benang, karena bentuk air terjunnya diasumsikan masyarakat mirip gumpalan benang. Sedangkan, Benang Kelambu digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai nama karena bentuk air terjunnya mirip kelambu atau tirai yang bertingkat. Saya juga setuju kalau air terjun Benang Kelambu itu mirip tirai yang bertingkat.

Sesampainya ditempat, hal yang pertama dilakukan adalah, pastinya parkir motor. Setelah itu, saya dan sepupu jalan kaki menuju tempat tujuan. Setibanya di gerbang, tentu kami bayar tarif masuk dulu, seingat saya tarifnya 5.000 rupiah per orang. Usai dari gerbang belum tentu langsung sampai, air terjunnya jauh banget. Kami harus ngelewati perjalanan yang cukup panjang dan berkelok-kelok *_* terus banyak ngelewatin naik turun tangga gitu jalannya. Karena pariwisata ini memiliki dua rangkaian air terjun, maka kalau udah sampe air terjun Benang Setokel, belum tentu udah sampai ke air terjun Benang Kelambu loo. Jadi, setelah kami menikmati pemandangan air terjun Benang Setokel, kami melanjutkan perjalanan kembali menuju air terjun selanjutnya, Benang Kelambu. Huh, melelahkan! Tapi pas udah sampe, capeknya terbayarkan.

Kalau soal pengunjung, dari area parkir, awal masuk gerbang dan seterusnya ramai guys. Bahkan waktu saya kesana, saya nemuin komunitas traveling dan orang-orang dengan ras China yang sepertinya lagi holiday tour bareng rekan-rekan kantornya. Abisnya, kaos mereka kompak bertuliskan nama sebuah perusahaan.

Lapar? Disana ada banyak warung-warung berjejeran. Dari nasi, snack, kopi, sampai oleh-oleh baju dan lain-lain pun tersedia. Kalau hujan, kalian bisa bersinggah di masing-masing warung. Tempat lesehan buat pengunjung ada banyak di warung-warung itu.

Anyway, kalau kalian udah sampai di air terjun Benang Setokel dan Benang Kelambu, kalian bakal nyaksiin ada banyak pengunjung yang mandi sambil sabunan bahkan sampoan. Mereka mandinya ga telanjangan kok guys. Nah ga ada salahnya kalian pun ikutan mandi, walaupun disana dingin banget. Lumayan jadi refresh kalian setelah jalan kaki yang melelahkan sebelum tiba di Air terjunnya. Seru lah. Ngliatnya aja udah seru apalagi ikutan mandi. Dingin dingin menyegarkan gitu xD.

Baiklah ini dia gambaran air terjun Benang Setokel dan Benang Kelambu

Gambar 1 : Air Terjun Benang Setokel 
Source : Dokumentasi Pribadi

Gambar 2 : Air Terjun Benang Setokel dan saya  xD
Source : Dokumentasi Pribadi

 Gambar 3 : Air Terjun Benang Kelambu
Source : Dokumentasi Pribadi

Air terjunnya yang diapit dedaunan membuat air terjun ini semakin terlihat seperti gorden atau tirai. Dan bentuknya yang seperti tirai bertingkat itu adalah keunggulan tersendiri bagi air terjun Benang Kelambu. 


Gambar 4 : Air Terjun Benang Kelambu
Source : Dokumentasi Pribadi
 Gambar 5 : Air Terjun Benang Kelambu dari sudut lain
Source : Dokumentasi Pribadi
Gambar 6 : Air Terjun Benang Kelambu dan Pengunjung
Source : Dokumentasi Pribadi

Sebenarnya dari dokumentasi saya terbilang kurang, dari kualitas, angle, sampai jumlah foto yang saya abadikan sangat kurang. Dari kekurangan ini, mungkin kalian akan merasa wisata ini kurang menarik. Akan lebih baik kalian buktikan sendiri, merasakan sensasinya dengan langsung berkunjung ke Benang Setokel dan Benang Kelambu  hihihi :D

ppaii ppaaiii~ :)




`Hen Listiya`

0 komentar:

Posting Komentar

 

Hen'soul❄️ Template by Ipietoon Cute Blog Design